}

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Minggu, 26 Oktober 2014
Posted By : Wayne Rachmat

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Pembelian
Ada dua dari faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu kekuatan sosial budaya dan kekuatan psokologis. Kekuatan sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat sosial, kelompok anutan (small reference groups) dan keluarga. Sedangkan kekuatan pisokologis terdiri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan, gambaran diri.
1. Kekuatan Sosial Budaya
a.       Faktor budaya
Budaya dapat di definiskan sebagai hasil kreativiras manusia dari satu generasi ke generasi lainnya yang sangat menentukan bentuk perilaku dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat.
Implikasi umum dari perubahan budaya untuk ahli permasalahan adalah sebagai berikut :
1. Psikologis untuk cenderung bebas dari ketidak amanan ekonomis.
Konsumen menunjukan :
Ø  Kecenderungan kearah meningkatkan kekuatan fisik
Ø  Kecenderungan kearah personalisasi
2. Kecenderungan pada paham antifungisonal.
Konsumen menunjukan :
Ø  Kecenderungan kearah aliran romantis baru
Ø  Kecenderungan ke arah suatu yang baru dan suatu perubahan
3. Kecenderungan rekasi melawan komplekasi
Konsumen menunjukan :
Ø  Kecenderungan ke arah hidup sederhana
Ø  Kecenderungan kembali kepada alam


b.      Faktor Kelas Sosial
Kelas sosial didefiniskan sebagai suatu kelompok yang terdiri dari sejumlah orang yang mempunyai kedudukan yang seimbang dalam masyarakat.
c.       Faktor kelompok anutan (small refrence group)
Didefinisikan sebagai sutau kelompok orag yang mempengaruhi sikap, pendapat, norma dan perilaku konsumen. Kelompok ini merupakan kumpulan keluarga, kelompok atau organisasi tersebut.
d.      Faktor keluarga
Suatu unit masyarakat kecil yang perilaku sangat mempengaruhi dan menentukan dalam pengambilan keputusan membeli.

2. Kekuatan Faktor Pisikologis
a.       Faktor pengalaman kerja
Belajar adalah satu perubahan perilaku akibat penalaman sebelumnya. Perilaku konsumen dapat dipelajari karena sangat dipengaruhi oleh pengalam belajarnya. Pengalaman belajar konsumen akan menentukan tindakan keputusan membeli.
b.      Faktor Kepribadian
Kepribadian konsumen sangat ditentukan oleh faktor internal dirinya. Pelayanan yang di tampilkan pramuniaga toko sangat pula dipengaruhinya.
c.       Faktor sikap dan keyakinan
Sikap dan keyakinan sangat berpengruh dalam menenentukan suatu produk, merk dan pelayanan. Keyakinan komsumen terhadap suatu merk dapat di ubah mealaui kominikasi persuasif.
d.      Konsep diri atau self concept
Perlu menciptakan sesuatu yang sesuai dengan yang di harapkan oleh konsumen.

Sumber : 
http://rahayutrisnadewi.blogspot.com/2014/01/pentingnyaprodusen-mempelajari-dan.html

1 komentar:

Unknown mengatakan...

blog yang sangat bagus,sangat bermanfaat.

Posting Komentar

 
 
 
free counters

Follower

Gunadarma