}

Bagaimana perilaku konsumen terhadap pembelian/belanja online ?

Sabtu, 10 Januari 2015Posted By : Wayne Rachmat

Softskill
Tugas 1
1       
            Bagaimana perilaku konsumen terhadap pembelian/belanja online ?

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa. Konsumen diasumsikan memiliki informasi atau pengetahuan yang sempurna berkaitan dengan keputusan konsumsinya. Mereka tahu persis kualitas barang, kapasitas produksi, teknologi yang digunakan dan harga barang di pasar. Mereka mampu memprediksi julah penerimaan untuk suatu periode konsumsi.

Keuntungan :
1.      Ongkos kirim pada pengiriman barang kita anggap saja sebagai ongkos yang kita butuhkan kalau kita berbelanja secara langsung. Malah belanja online memudahkan  kita, bahkan ada juga toko online yang memberikan free ongkos kirim.
2.      Banyak toko online yang sering memberikan promo. Bukan hanya promo pada even-even tertentu saja tapi juga pada hari-hari biasa sehingga belanja hemat semakin dapat kita terapkan untuk mendapatkan  barang yang diinginkan. Untuk promo-promo semacam ini kita harus rajin memperhatikan fans page facebook, follow twitter, subscribe website toko online yang diincar.
3.      Beberapa toko online pada jumlah tertentu akan memberikan point reward yang dapat berupa kupon, point dan sebagainya yang bisa kita gunakan lagi untuk berbelanja kebutuhan kita. Point-point ini tentu membuat belanja hemat.
4.      Dengan belanja online kita menghemat waktu, disela-sela kesibukan kita masih dapat memilih barang yang ingin dibeli tanpa harus berada di toko secara tradisional.
5.      Berbelanja online mencegah kita menjadi lapar mata dan kalap membeli barang yang tidak diperlukan, karena dengan berbelanja online biasanya kita akan kembali menunda pembelian karena berfikir terlebih dahulu.
6.      Toko online membuat kita dapat membandingkan harga toko online mana yang lebih murah dan menawarkan promo yang lebih menarik.
7.      Ada juga toko online yang menghargai kehadiran kita ke toko online mereka dengan memberikan stamp/point setiap harinya yang bila dikumpulkan dan sudah cukup banyak dapat kita gunakan untuk berbelanja.
8.      Beberapa toko online memberikan free voucher untuk anggota baru mereka sehingga belanja hemat yang diinginkan sangat dapat dicapai


Kerugian :
1.      Sering terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran.
2.      Fisik dan kualitas barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kita hanya dapat melihat melalui foto yang ada di website.
3.      Dikenakan biaya transportasi, sehingga ada biaya tambahan.
4.      Tidak dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan.
5.      Butuh waktu agar barang sampai ditempat anda karena proses pengiriman.
6.      Bagi Anda yang minat berjualan secara online berikut Manfaat Memiliki Toko Online.

Jadi pembelian terhadap toko online tergantung persepsi konsumen masing-masing apabila saling percaya satu sama lain makan transaksi akan berjalan mulus dan apabila ada saling ketidak percayaan atau keraguan antara pembeli dan penjual maka transaksi akan menghambat suatu transaksi tersebut. Dan yang lebih penting dalam pembelian online adalah saling memahami karakteristik pembeli atau penjual dan memahami sistem pembelian/transaksi tersebut.

Sumber :



0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
free counters

Follower

Gunadarma