Sabtu, 10 Januari 2015Posted By : Wayne Rachmat
Softskill
Tugas 1
1
Bagaimana perilaku konsumen
terhadap pembelian/belanja online ?
Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal
yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Konsumen adalah
seseorang yang menggunakan barang atau jasa. Konsumen diasumsikan memiliki
informasi atau pengetahuan yang sempurna berkaitan dengan keputusan
konsumsinya. Mereka tahu persis kualitas barang, kapasitas produksi, teknologi
yang digunakan dan harga barang di pasar. Mereka mampu memprediksi julah
penerimaan untuk suatu periode konsumsi.
Keuntungan :
1. Ongkos
kirim pada pengiriman barang kita anggap saja sebagai ongkos yang kita butuhkan
kalau kita berbelanja secara langsung. Malah belanja online memudahkan kita, bahkan ada juga toko online yang
memberikan free ongkos kirim.
2. Banyak
toko online yang sering memberikan promo. Bukan hanya promo pada even-even
tertentu saja tapi juga pada hari-hari biasa sehingga belanja hemat semakin
dapat kita terapkan untuk mendapatkan
barang yang diinginkan. Untuk promo-promo semacam ini kita harus rajin
memperhatikan fans page facebook, follow twitter, subscribe website toko online
yang diincar.
3. Beberapa
toko online pada jumlah tertentu akan memberikan point reward yang dapat berupa
kupon, point dan sebagainya yang bisa kita gunakan lagi untuk berbelanja
kebutuhan kita. Point-point ini tentu membuat belanja hemat.
4. Dengan
belanja online kita menghemat waktu, disela-sela kesibukan kita masih dapat
memilih barang yang ingin dibeli tanpa harus berada di toko secara tradisional.
5. Berbelanja
online mencegah kita menjadi lapar mata dan kalap membeli barang yang tidak
diperlukan, karena dengan berbelanja online biasanya kita akan kembali menunda
pembelian karena berfikir terlebih dahulu.
6. Toko
online membuat kita dapat membandingkan harga toko online mana yang lebih murah
dan menawarkan promo yang lebih menarik.
7. Ada
juga toko online yang menghargai kehadiran kita ke toko online mereka dengan
memberikan stamp/point setiap harinya yang bila dikumpulkan dan sudah cukup
banyak dapat kita gunakan untuk berbelanja.
8. Beberapa
toko online memberikan free voucher untuk anggota baru mereka sehingga belanja
hemat yang diinginkan sangat dapat dicapai
Kerugian
:
1. Sering
terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran.
2. Fisik
dan kualitas barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kita hanya
dapat melihat melalui foto yang ada di website.
3. Dikenakan
biaya transportasi, sehingga ada biaya tambahan.
4. Tidak
dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan.
5. Butuh
waktu agar barang sampai ditempat anda karena proses pengiriman.
6. Bagi
Anda yang minat berjualan secara online berikut Manfaat Memiliki Toko Online.
Jadi pembelian terhadap toko online
tergantung persepsi konsumen masing-masing apabila saling percaya satu sama
lain makan transaksi akan berjalan mulus dan apabila ada saling ketidak
percayaan atau keraguan antara pembeli dan penjual maka transaksi akan
menghambat suatu transaksi tersebut. Dan yang lebih penting dalam pembelian
online adalah saling memahami karakteristik pembeli atau penjual dan memahami
sistem pembelian/transaksi tersebut.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar