Minggu, 26 Oktober 2014
Posted By : Wayne Rachmat
Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku
Konsumen
Faktor
Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Pembelian
Ada
dua dari faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu kekuatan sosial
budaya dan kekuatan psokologis. Kekuatan sosial budaya terdiri
dari faktor budaya, tingkat sosial, kelompok anutan (small reference groups)
dan keluarga. Sedangkan kekuatan pisokologis terdiri dari pengalaman
belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan, gambaran diri.
1.
Kekuatan Sosial Budaya
a. Faktor
budaya
Budaya dapat di
definiskan sebagai hasil kreativiras manusia dari satu generasi ke generasi
lainnya yang sangat menentukan bentuk perilaku dalam kehidupan sebagai anggota
masyarakat.
Implikasi umum dari
perubahan budaya untuk ahli permasalahan adalah sebagai berikut :
1. Psikologis untuk
cenderung bebas dari ketidak amanan ekonomis.
Konsumen menunjukan :
Ø Kecenderungan
kearah meningkatkan kekuatan fisik
Ø Kecenderungan
kearah personalisasi
2. Kecenderungan
pada paham antifungisonal.
Konsumen menunjukan :
Ø Kecenderungan
kearah aliran romantis baru
Ø Kecenderungan
ke arah suatu yang baru dan suatu perubahan
3. Kecenderungan rekasi
melawan komplekasi
Konsumen menunjukan :
Ø Kecenderungan
ke arah hidup sederhana
Ø Kecenderungan
kembali kepada alam
b. Faktor
Kelas Sosial
Kelas sosial
didefiniskan sebagai suatu kelompok yang terdiri dari sejumlah orang yang
mempunyai kedudukan yang seimbang dalam masyarakat.
c. Faktor
kelompok anutan (small refrence group)
Didefinisikan sebagai
sutau kelompok orag yang mempengaruhi sikap, pendapat, norma dan perilaku
konsumen. Kelompok ini merupakan kumpulan keluarga, kelompok atau organisasi
tersebut.
d. Faktor
keluarga
Suatu unit masyarakat
kecil yang perilaku sangat mempengaruhi dan menentukan dalam pengambilan
keputusan membeli.
2.
Kekuatan Faktor Pisikologis
a. Faktor
pengalaman kerja
Belajar adalah satu
perubahan perilaku akibat penalaman sebelumnya. Perilaku konsumen dapat
dipelajari karena sangat dipengaruhi oleh pengalam belajarnya. Pengalaman
belajar konsumen akan menentukan tindakan keputusan membeli.
b. Faktor
Kepribadian
Kepribadian konsumen
sangat ditentukan oleh faktor internal dirinya. Pelayanan yang di tampilkan
pramuniaga toko sangat pula dipengaruhinya.
c. Faktor
sikap dan
keyakinan
Sikap dan keyakinan sangat berpengruh
dalam menenentukan suatu produk, merk dan pelayanan. Keyakinan komsumen
terhadap suatu merk dapat di ubah mealaui kominikasi persuasif.
d. Konsep
diri atau self concept
Perlu menciptakan sesuatu
yang sesuai dengan yang di harapkan oleh konsumen.
Sumber :
http://rahayutrisnadewi.blogspot.com/2014/01/pentingnyaprodusen-mempelajari-dan.html
1 komentar:
blog yang sangat bagus,sangat bermanfaat.
Posting Komentar